Aug 29, 2019

Cara mengedit gambar dari Camera HP layaknya profesional

Assalaamu'alaikum.

Guys, artikel sebelumnya kan tentang Game BTS WORLD. Nah, saya berani menampilkan gambar dari bagian-bagian game tersebut karena saya tidak screenshot. Saya mengambil gambarnya dengan foto HP saya pakai HP ibu saya. Ribet sih, tapi untuk berjuang buat artikel sebelumnya. Nah, caranya ?

Yang paling utama ialah Kreativitas. Kita tidak bisa lepas dari itu. Walaupun di sistem pendidikan Indonesia di SD, SMP, dan SMA/SMK dan yang setara dengan itu sering mengajari kita tentang teori dan layaknya kita dibentuk menjadi robot, kita harus berubah dna melanggar peraturan sekolah yang membuat kita akan menjadi robot Guys. Dan salah satu cara ialah dengan Kreativitas yang kita miliki.

Saya tidak mengerti Corel Draw. Pernah saya lihat kakak saya yang pintar desain dengan Corel Draw, tapi tidak ada waktu dia buat ngajari saya. Saya tidak mengerti tool-toolnya ini untuk apa, paling cuma Group dan Ungroup dengan Ctrl+Shift+U (kayaknya sih U, nak nggak ya G).

Adobe PhotoShop ? Hanya sedikit. Masih inget dulu, waktu saya ikut LKS Web Design dulu saya itu menggunakan Adobe PhotoShop karena terpaksa dan parahnya lagi SAYA TIDAK MENGERTI CARA BUAT SKETSA WEB DESAIN dengan aplikasi Adobe tersebut. Ya, jadi saya menggunakan 2 aplikasi, yaitu Adobe PhotoShop dan satunya lagi yang akan saya jelaskan. Menang nggak ? Ya nggak dong :v . Untuk persiapan seleksi cuma 1 minggu atau beberapa hari kayaknya lupa, dan untuk persiapan lomba hanya SEHARI. Stres nggak tuh ? Saya udah takut duluan karena bingung dan sebenarnya butuh persiapan banyak. Apalagi, guru yang membimbing saya dalam persiapan LKS pun kurang memiliki informasi banyak tentang lomba tersebut. Saya dari TKJ, dan yang ikut seleksi ada 2 yaitu saya dan adik kelas dari MM. Kalau desain, saya kalah. Tapi kalau koding + waktu persiapan lebih panjang lagi + informasi lomba dan persyaratan lebih banyak diberitahukan ke saya, maka saya bisa menang. Saya tidak tahu kalau lombanya itu membuat toko online. Saya baru diberitahu ketika mau mulai seleksi! Gila nggak sih ? Dan pengalaman lomba itu adalah pengalaman lomba paling terburuk dalam hidup saya.

Walaupun begitu, ntah saya memiliki bakat dalam desain atau tidak (rasanya sih tidak, hanya iseng-iseng buat aja apalagi terpaksa (?) untuk artikel blog saya ini :'). Habisnya, berdasarkan penilaian juri itu nilai sketsa desain web saya dapat tertinggi dan yang tertinggi itu ada 2. Walaupun begitu, saya masih ingat waktu lomba berlangsung saya menangis nggak kuat dan curhat ke guru pendamping LKS saya. Dan pastinya, saya sudah membuat sekolah kecewa dengan saya. Dan, informasi yang kurang lengkap itu akan tetap menjadi kebencian saya dalam kisah tersebut.

OK, lanjut. Maaf curhat :')

Lha terus, kok saya bisa membuat gambar seperti gambar utama di artikel sebelumnya ?
Itu sih, tinggal mengandalkan toolnya doang.

Saya pernah kan memberitahu cara menghapus background termudah dengan suatu aplikasi di blog saya ini ? Ya, saya menggunakan aplikasi itu.

Microsoft Power Point.

Saya pun menggunakan aplikasi itu untuk membuat sketsa desain web. Lha untuk apa ? Hanya untuk teks aja :'v ngakak aku sumpah karena nggak ngerti cara buat/tambah teks di Adobe PhotoShop dan cara mindahinnya gimana :")

Bagi yang ingin simple desain dan nggak banyak tool, silahkan pakai aplikasi ini. Selain fungsinya untuk buat presentasi, aplikasi ini juga bisa untuk buat desain juga. Tapi, untuk desain yanmg terlihat lebih pro yaa jangan pakai aplikasi ini ya pakai aja CorelDraw atau Adobe PhotoShop. OK ? Lanjut :)

Saya tidak akan menjelaskan langkah-langkah dalam membuat gambar itu tapi saya hanya menjelaskan tool apa yang saya pakai untuk membuat gambar sebagus itu. Lumayanlah gambarnya wkwk... Oya, siapkan bahannya dulu yaa :)


OK, jadi cara yang pertama ialah, menghapus background. Saya harus menghapus background dulu. Eits, ingat! Kalau mau mengambil gambar yang akan dihapus background yaa foto di tempat yang warna background foto/gambarnya polos dan warnanya berlawanan tajam dengan objek foto yaa, semisal nih warna objek terang dengan background gelap ya dsb... Supaya hasilnya baik :)
Untuk menghapus background, sudah saya buat di artikel sebelumnya yaa sudah lama. Bisa dibuka lagi :)

Cara kedua, jangan lupa untuk mengubah kecerahan gambar dengan Klik gambar > Klik Tab Format > Corrections lalu aturlah sesuai keinginan.

Cara ketiga, yaitu tambahkan efek bayangan. Nah, ini dengan cara Klik gambar lalu klik Tab Format > Drop Shadow Rectangle (karena sudah otomatis, maka tinggal edit aja) atau klik kanan gambarnya > Format Picture > Shadow (manual) lalu aturlah sesuai keinginanmu ya! Efek ini untuk memberi gambar supaya terlihat hidup dan berdiri ea pendirian eh :v .
Cara keempat, gabungin. Gabungkan gambar-gambar yang telah disiapkan untuk digabungkan menjadi satu di slide baru yaa dan desainlah !

Cara kelima, kasih efek cermin bawah dengan klik kanan gambar > Format Picture > Reflection lalu otak-atiklah wkwk...

Nah, cara yang keenam ini untuk objek tengah. Berbeda sendiri kan ? Wkwk. Saya pakai tool Format > lalu ada pilihan format gambar dan pilihlah Bevel Perspective atau bisa juga dengan klik kanan gambar > Format Picture > 3-D Format > yang Top pilih Bevel Circle dan Bottom pilih No Bevel. Nah kalau ini tidak saya atur sih khekhekhe...
Untuk kemiringan gambar objek tadi, saya atur dengan klik kanan gambar > Format Picture > 3-D Rotation. Llau, aturlah kemiringan gambar sesuai keinginan kalian :)

Dan Terakhir, tet tet tet teeetttt ialah backgroundnya! Klik Insert > Shapes lalu pilih yang Rectangle atau persegi panjang lalu buatlah dengan ukuran sesuai keinginanmu. Untuk mengatur warna, yaa dengann klik kanan background > Format Shape > Nah di bagian Fill kamu pilih Gradient fill untuk campuran warna atau Solid fill untuk 1 warna polos saja.
Cara simpannya ? Tinggal Ctrl+A > klik kanan objek gambar (satu aja, karena perwakilan) > Save as Picture... > Pilih lokasi penyimpanan dan kasih nama > Klik Save. Syudah ^^

Gampangkan ? Tapi tahu tidak, kalau saya buat gambar itu butuh waktu selama lebih dari 5 JAM !!!
Itupun terjadi karena saya belum punya sketsa gambarnya, dan ketika saya sedang mengedit tiba-tiba idenya datang dan jadilah gambar seperti di artikel sebelumnya :)
Sebelumnya, saya hanya mau menghapus backgroundnya aja Guys. Tiba-tiba, datanglah ide yaitu untuk menambah efek bayangan gambar.
Setelah menambah efek bayangan, saya mengotak-atik objek gambar yang bagian tengah tuh. Saya mengotak-atik seperti di cara kelima. Dan ketika saya klik yang Bevel Perspective Wah saya langsung mendapat ide lagi nih Guys :'v waduh dapat ide dadakan terus la jodoh dadakan ada nggak ? Wkwk...

Dan begitulah, kisah saya dalam membuat gambar tersebut. :') masih nggak nyangka kalau gambar seperti itu pembuatannya sampai 5 jam huhuu...

Tidak bisa discreenshot. Memang sih ada caranya. Bisa kok di SS cuma nanti saya malah kena denda atau hukuman lagi. Jadi yaa difoto aja, ga masalah kan ? Niat saya hanya memberitahu tentang Game BTS WORLD dan emancing para pembaca untuk ikut main juga soalnya gamenya berbeda dari yang lain, jadi butuh daya tarik berupa gambar yang baik (walau gambar kurang baik sih) :)

Oya, setelah gambar yang telah diberi efek bayangan selesai langsung disimpan ya gambarnya lalu dihapus karena kalau bertumpuk editan gambar apalagi sampai 6 gambar lebih di satu aplikasi Power Point maka aplikasinya nanti berat dan akan minta restart atau debug program yang otomatis editan gambar akan hilang. Memang sih masih ada AutoSave Recovery tapi untuk jaga-jaga aja langsung simpan & hapus editan di PowerPoint atau pindahin ke file ppt. yang baru.

Oya, nih lagi dapat ide baru wkwk

Baiklah, terima kasih para pembaca sekalian ~
Maaf jika gambarnya kurang yaa soalnya ini juga buat artikel dadakan :'v
yahh serba dadakan yak wkwk
Dan Note:Microsoft PowerPoint nya harus yang 2010 ke atas lho ya, soalnya yang 2007 tidak ada tool seperti ini.

Baiklah, Goodbye and See You Again ^0^

Wassalaamu'alaikum.
Previous Post
Next Post

0 komentar: