Nov 24, 2018

Cara membuat blog artikel di Blogger



Assalaamu'alaikum
Apa kabar Guys ?

Hari ini saya akan beritahu cara buat blog di blogger
Cara ini untuk para pemula, dimana ingin buat blog di blogger dan belum punya blog di blogger
Langsung saja yaa ~

Pertama, buka dulu blogger di internet, dengan alamat www.blogger.com. Nanti akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Lalu, klik "BUAT BLOG".



Lalu, kita akan diarahkan untuk masuk ke aku google. Jika kamu pertama kali dan belum pernah masuk akun google, maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Lalu, tinggal pilih akun mana yang akan dipakai untuk membuat blog baru di blogger dengan mengeklik akun google mu.


Jika sudah pernah beberapa kali masuk ke akun google dan data login (email & password) pengguna akun google tersimpan di browsermu, maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Lalu, tinggal masukkan Email akun google mu dan klik "Berikutnya".


Jika belum punya akun google sama sekali, silahkan membuatnya sekarang karena akan dibutuhkan untuk membuat blog di blogger. Jika tidak tahu caranya, silahkan klik disini.

Lalu, akan disuruh memasukkan password. Masukkan password akun google mu. lalu, klik "Berikutnya".


Tadaa ! Selamat, anda telah masuk ke blogger !


Lalu, kamu akan disuruh pilih untuk memperlihatkan profilmu sebagai Profil Blogger atau Profil Google+ kepada para pembaca. Bedanya, kalau Profil Blogger sih yaa hanya untuk Blogger, tapi kalau Profil Google+ terhubung antara Blogger dengan Google+ (Berguna + mempermudah untuk membagi postingan kamu ke Google+ ). Kalau tidak ingin diketahui identitasnya pada para pembaca, yaa pilih Profil Blogger aja. Tapi, itu terserah kamu yang ingin buat blog. Kalau pilih Profil Blogger, jangan lupa beri "Nama Tampilan" yaitu nama yang akan digunakan sebagai profilmu. Setelah selesai ditentukan pemilihan dalam memperlihatkan profil, lalu klik "Lanjutkan ke Blogger".

Selamat Datang ~ Lanjut saja, lalu klik "BUAT BLOG BARU".


Lalu, akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.


Ok, akan saya jelaskan bagian-bagian ini.

Judul, untuk judul blog, nama blog yang akan kamu buat.

Alamat, adalah alamat blogmu.
Di gambar sudah ada contohnya tuh. Buatlah alamat blogmu sampai muncul tanda centang, bukan tanda seru (di bagian samping kanan textbox alamat), karena kalau muncul tanda seru maka alamat blog yang kamu cantumkan disitu berarti tidak sesuai atau sudah dipakai oleh orang lain. Buatlah alamat blogmu yang unik dan gampang diingat, supaya mudah aja diingat aja hehee. Buat alamat blogmu berkaitan dengan judul blogmu, itulah yang penting sebenarnya. Terserah kamu juga sih ~

Tema, bisa dibilang template blogmu, desain tampilan blogmu.
Yang disediakan adalah desain dari blogger. Carilah template blog yang bagus (saya sarankan pakai yang terbaru dan teratas :) , tapi itu terserah anda kembali). Desainnya memang sedikit sih tapi simple. Tapi, bagi saya itu kurang menarik. Kalau ingin buat template blog yang bagus, maka kamu harus tahu caranya dengan cara ke-1 dan cara ke-2.

Ini contoh dari saya,


Dengan,
Judul = Manusia
Alamat = www.mamamanusia.blogspot.com
Tema = Contempo

Kalau sudah semua, klik "Buat blog!".

Jika muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, untuk kamu para pemula blogger jangan dulu deh, suksesin dulu dalam membuat blognya sampai banyak pengunjung (bahkan dapat uang wahahahahaa) baru beli domain. Klik "Lain kali".



Tadaa ! Tampilan Postingan untuk kamu nih Guys ! Itu dalam bahasa Indonesia ya, kalau dalam bahasa inggris sih Post. Bedanya ? Yah bahasanyalah, urutannya maish sama. Untuk membuat artikel di blog kamu, silahkan klik 'Entri Baru".


Inilah tampilan untuk membuat artikel di blogger. Lalu, ketiklah  artikel yang akan kamu buat. Kalau masih bingung dengan penggunaan opsi pada pembuatan artikel di blogger, silahkan klik disini.


Contoh dari saya nih, sebagai referensi saja.


Lalu, klik "Publikasikan" untuk mempublikasikan artikel kamu di blogmu.


Nah sudah dipublikasikan tuh.

Untuk melihat artikelmu ayng baru kamu buat, tinggal mengarahkan cursormu (tanda panah yang sering kamu gerakkan lewat touchpad atau tikus kecilmu (mouse) itu.) ke arah postinganmu itu, nanti akan muncul tulisan Edit | Lihat | Berbagi | Hapus (Kalau dalam bahasa inggris, Edit | View | Share | Delete. Masalahnya, Edit itu kan bahasa inggris, mengapa juga dalam bahasa Indonesia juga Edit ? Ahh yasudahlah, perkembangan zaman hahaa ). Lalu, klik "Lihat".


Nah, ini dia ! Artikel pertama ! Lebih bagus lagi, kalau ditambahkan gambar, supaya memberi suasana lebih :v ...



Untuk halaman utama blog, silahkan klik Judul blogmu (Kalau saya sih Manusia).


Nah, kira-kira akan seperti ini, untuk tampilan desain blog lain akan berbeda-beda dalam menampilkannya.

Nah, sedikit penjelasan nih untuk kamu yang belum tahu. Lewat gambar aja yah ...


Sekian dulu dari saya
Terima kaish telah membaca artikel saya ini, semoga bermanfaat :)
Maaf jika ada kesalahan kata, boleh kok memberi komentar.

Sampai jumpa kembali :)

Wassalaamu'alaikum


Kata kunci pencarian :
  • Cara membuat artikel di blogger
  • Cara membuat artikel
  • Cara membuat blog
  • Cara membuat blog di blogger
  • Cara membuat artikel blog di blogger
  • Membuat artikel blog
  • Artikel blogger
Previous Post
Next Post

0 komentar: