Aug 22, 2019

Asal-Usul Rumus ABC atau Rumus Kuadrat


Assalaamu’alaikum

Guys, di sini saya akan menjelaskan asal usul rumus ABC atau rumus kuadrat ini :


La, kok ribet men ? Gimana asal mulanya ?

Gini gini, akan saya jelaskan OK ? Tenang ... Slow Down ~
OK, Lanjut ...

Yap, rumus itu bermula dari

Lalu, dibagi a, seperti ini,

Lalu, c/a dipindah ke ruas kanan, dan kalau dipindah ke ruas lain maka jangan lupa diubah ke kebalikannya, misal dari plus ke min, perkalian ke pembagian, dan kebalikannya.


OK, Stop di situ dulu, cara di atas jangan dihapus dulu. Kita akan melihat rumus yang satu ini dulu. Ada kaitannya dengan yang diatas,

Dan kalau dihitung, maka akan jadi seperti di bawah ini,


Coba kita samakan dengan rumus di atas


sama dengan


Nah, kalau dibuat gini :

x^2 memang = x^2

Kalau 2xy = bx/a lalu,

Jadi, untuk

Lho, kok y^2 nggak = c/a ?

Hm... Aku tahu antusiasmu dengan MTK, jadi mohon bersabar ~

Nah, kan sudah ketemu nih, lalu kita kembali ke x^2+bx/a= - c/a , lalu tambahkan (b/2a)^2 di masing-masing ruas, seperti ini,

Nah, sampai di sini sebenarnya saya agak bingung, yaitu mengapa dikasih (b/2a)^2 ? Maafkan daku yang kurang mengerti bagian ini :’)

Dan, yang ruas kiri, kita samakan dengan rumus ini,

Maka, ya ikutin aja, yang ruas kiri diubah ke bentuk seperti (x+y)^2 yaa namanya apakah difaktorkan ? Lupa aku intinya ya seperti itu. Jadinya, yang bagian ruas kiri diubah menjadi seperti ini,


OK, lanjut.

Lalu, tinggal dihitung deh (saya jabarkan aja deh supaya pada paham)

Kita samakan penyebutnya,

Lalu, kita pindahkan kuadrat dari ruas kiri ke kanan (atau bisa disebut juga dengan “dikuadratkan”). Kalau dikuadratkan, akan menjadi minplus ( ± ) karena itu ada akar kuadratnya.

Yang 4a^2 bisa dikuadratkan tuh menjadi 2a .

Lalu, b/2a pindah ke ruas kanan.


Nah ketemu yeeaaa ~

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Berikut coretan urutnya,












~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Nah, gimana Guys ? Paham ?

Oh ya, saya paham tentang ini (kurang sedikit sih) karena nonton video ig dari Bang Jerome Guys, bisa dilihat di link ini (klik link ini) :)

Thankyou for reading my article, and I’m sorry if I have a mistake. And hopefully this article’s can be useful. So that, Thanks and GoodBye! See you ~ ^^

Wassalaamu’alaikum.
Previous Post
Next Post

0 komentar: