Jan 10, 2019

Cara membaca paket yang lewat di internet dengan Wireshark (Capture Sample)


Assalaamu'alaikum

Selamat pagi Guys ... Maaf telat update. Biasalah kelas 12 sibuk nih,
Apalagi SMK TKJ, persiapan ujian praktek juga wkwkwk
Ok lanjut ...



Hari ini saya akan membuat artikel berisi cara membaca paket yang lewat di internet dengan Wireshark atau biasanya disebut Capture Sample. Berikut ini isinya :) ...

Bahan yang diperlukan :


  • Aplikasi Wireshark. Download disini .
  • Laptop/PC
  • Internet (terhubung lewat Wi-Fi ataupun Ethernet (kabel) )

Caranya ialah :
  1. Install Wireshark. Setelah itu, bukalah aplikasi Wireshark.
  2. Tampilan akan seperti di bawah ini. Lalu, klik adapter jaringan yang digunakan untuk praktek ini (Kalau saya menggunakan kabel, berarti 'Local Area Connection'. Tapi kalau kamu menggunakan WiFi, maka ada kata 'Wireless Network Connection'.). Pastikan ada sinyal grafiknya seperti di gambar.

  3. Tampilan seperti di bawah ini.
    Nah, sekarang, kita akan membaca paket yang akan kita kirim ke suatu website. Disini, saya akan membaca paket yang dikirimkan antar komputer dengan website www.smkn1-purwodadi.net . Jadi, ketik  ip.dst==216.239.36.21&&http di bagian filter (Jika kamu belum mengetahui alamat ip dari websitenya, maka buka disini untuk mengetahui caranya).
    Tidak ada tampilan ? Tidak ada keterangan paketnya ? Bagaimana ini ? Tenang tenang, Seloowww aja :) ... Lanjut ke no 4 aja.

  4. Untuk melihat paket yang dikirim atau diterima antar komputer/laptop kita dengan website tersebut, maka kita perlu mengakses website tersebut. Buka websitenya dulu di browser.

  5. Coba cek lagi di Wireshark. Jika belum ada tampilannya, maka klik tombol 'Stop capturing packets' berbentuk kotak merah, yang terletak di pojok kiri atas. Lalu klik 'Start capturing packets' sebelah tombol kotak merah itu. Seperti gambar di bawah ini :
    Lalu akan muncul dialog box, klik aja 'Continue without Saving'. 

  6. Jika sudah muncul, maka selamat ! :)
Begitulah langkah-langkahnya :)
Silahkan dipraktekkan :)

Terima kasih telah membaca artikel saya
Maaf bila ada kesalahan
Sampai jumpa lagi :)

Wassalaamu'alaikum
Previous Post
Next Post

0 komentar: