Sep 20, 2023

Nawarin produk kayak Robot?? Sini cara nawarin produk yg Trendi!

Pasti gambarannya kayak gini kalau
kamu lagi bingung diskusi sama rekan kerja tentang
cara nawarin produk kan?

Assalaamu'alaikum!

Hai semuanya! Apa kabar? Baikk!

Okeyy, kali ini aku akan membahas cara menjelaskan atau menawarkan produk yg tidak jadul-jadul amatlah.

Sebelumnya, sudah pada tahu belum nii maksud dari penawaran produk yg kayak robot itu yg kayak gimana?

Nii yaa kuberi contoh :

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Serum Kecantikan XYZ - Kulit Sempurna dalam Sekejap

Serum Kecantikan XYZ dirancang dengan teknologi canggih untuk kulit yang sempurna. Dengan formula eksklusif kami, Anda akan mendapatkan hasil yang terlihat lebih muda dan bercahaya.

Segera pesan Serum Kecantikan XYZ hari ini dan rasakan perubahannya!

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Nah, yang kayak gini ni yg membuat Customer kamu kurang tertarik pada produk kamu.

Bahkan, bisa jadi Customer kamu sudah malas duluan bacanya.

Coba deh diubah jadi kayak gini :

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Tampil Fresh dan Trendi dengan Serum Kecantikan XYZ

Ingin tampil segar, bercahaya, dan siap menghadapi segala tren?

Serum Kecantikan XYZ adalah jawabannya! Dengan formula alami dan ramah lingkungan, siap membantu kamu meraih kulit sehat yang selalu siap untuk selfie. Jadilah bagian dari generasi kecantikan milenial!

Pesan Serum Kecantikan XYZ sekarang dan mulailah perjalanan kecantikan modernmu!

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

So, kelihatan bedanya kan?

Sebenarnya ini tergantung sih mau buat Marketing di IG kah atau Fb atau di WA sekalipun, tapi yg namanya menjelaskan atau menawarkan produk pada Customer yaa 11 12 nya mirip seperti ini.

Okee, apa yang dapat disimpulkan dari 2 contoh ini?

Emm, sebelumnya sih kita buat definisi perbedaan dulu sih,

Nah apa saja sih bedanya contoh yg pertama dengan kedua? Coba yah kita bedakan dari segi apa saja :

1. Bahasa, contoh pertama itu bahasanya baku sehingga kurang cocok untuk Marketing. Sedangkan contoh kedua itu lebih fleksibel dan penggunaan bahasanya bisa menyesuaikan buat Marketing.


2. Keuntungan/Benefit/Manfaat, contoh pertama itu lebih fokus ke produk sehingga kurang menjelaskan dampak positif lebih buat Customer. Sedangkan contoh kedua itu sebaliknya, yaitu menjelaskan beberapa dampak positif yang bisa didapatkan oleh Customer secara runtut, misal kalau Customer pakai Serum XYZ maka akan mendapatkan kulit sehat, dan bisa tampil Fresh dan mengikuti Trendi, ini sudah menjelaskan lebih dari 1 manfaat yang akan didapatkan oleh Customer.


3. Persuasif, contoh pertama itu kurang persuasif dan monoton sehingga tidak ada yang membuat Customer tertarik pada produk tsb. Sedangkan contoh kedua itu lebih persuasif karena adanya pertanyaan yang memancing Customer untuk berpikir dan membaca untuk kalimat selanjutnya.

Intinya sih, dalam Marketing harus bisa menjelaskan produknya sedetail mungkin supaya Customer ngeh terhadap produk kamu, dan harus melek sama Kompetitor lainnya buat mengetahui "Keunggulan produk kamu dari yang lain itu apa sih?" supaya Customer tahu dan jadi membeli produk kamu.

Jadi, gimana sih cara nawarin produk yang baik dan benar?

Bukan yg baik dan benar ya, tapi yg bisa membuat Customer tertarik lalu JADI membeli produk kamu.

1. Pakai Bahasa yang sesuai dengan Target Market produk kamu, misal

    • Usia 18-25, Target Anak Muda Milenial, berarti pakai bahasa gaul dan informal pastinya.
    • Usia 30-50, Target Orang Tua, berarti pakai bahasa yg formal dan baik (intinya tidak terlalu baku amatlah).
2. Buatlah menjadi lebih persuasif, salah satunya menambahkan kalimat pertanyaan di awal paragraf dan mendorong Customer buat beli produk kamu di akhir kalimat.

3. Jelaskan Keuntungan/Benefit/Manfaat yg bisa Customer kamu dapatkan. Lebih baik dibuat jangka panjang dan runtut, misal
    1. Customer dapat benefit apa
    2. Customer bakal lebih baik dalam hal apa
    3. Customer bisa dapat dampak baik lebih apa, dll
4. Buatlah lebih menarik, detail dan ringkas, karena Customer Indonesia malas baca.

5. Jangan lupa, buatlah lebih rapi dalam penyusunan kalimatnya, emm maksudku dibuat sesuai Tipografi.


Okee mungkin segitu dulu yaa, moga bermanfaat! ^v^

Terima kasih sudah membaca artikelku ini, semoga Blog ini jalan selaluu yaa dan bisa memberikan manfaat buat manusia lainnya! Aamiin! ^O^

Sekian dari saia, See You Again ~ Wassalaamu'alaikum!

Previous Post
Next Post

0 komentar: