Sep 19, 2023

Tips jual produk pada Customer lewat Whatsapp biar cepat Closing!


Assalaamu'alaikum!

Haii, apa kabarr? Baikk!

Oke, aku lanjutin yah. Cara jualan produk buat Customer pake Whatsapp! Gimana nih caranya? Sini-sini kuspill!


Cara Jual Produk pada Customer melalui Whatsapp!

Yang pertama! Pastinya mencari tau Kebutuhan customer lah. Etdah, sebelumnya nanyain nama customernya dulu yah biar lebih enak ngobrolnya.

Yang kedua! Setelah tau kebutuhan customer apa dan yg diinginkan customer apa, nah jelasin dari yg diinginkan customer itu berdampak baik atau buruk.

Yang ketiga! Setelah itu, baru nih spill manfaat produk kamu sama kandungannya!

Yang keempat! Setelah itu, kamu arahin nih ke pembelian produk kamu.

Yang kelima! Kalo customer mau beli, pasti dia nanya harga dong! Nggak mau kan kamu Gratis gitu aja kek Giveaway gitu? Nah kalau produk yg kamu jual cuma 1 jenis aja bisa langsung kamu kasihkan ke customer, tapi kalau ada beberapa jenis varian produk kamu nah berilah pilihan ke customer lalu baru beritahu harganya ke customer.

Yang keenam! Customer mau-mau aja tanpa kendala? Selamat! Berarti cara selling kamu BAGUS! Tapi kalau customer terkendala? Bisa kamu tanyakan dulu, mungkin customer bisa aja kendalanya biaya kuranglah, belum gajian, atau lainnya :D


Contoh Jualan Produk pada Customer melalui Whatsapp!

Contoh nii, percakapan antara seller dengan customer lewat Whatsapp :
FYI :

Seller = S

Customer = Q

Monggo dibaca :)

S : "Selamat pagi kak. Terima kasih sudah tertarik pada produk kami ya kak. Kaka punya keluhan apa? Kulit kering atau Kulit kusam?"

Q : "Kulitku kusam ni malu dilihat sama suami hiks, cerahinnya gimana ya?"

S : "Okeyy kak... Sebelumnya dengan nama kaka siapa?"

Q : "Ayu."
S :" Okeyy kak Ayu, namanya cantik seperti orangnya ^v^."

S : "Kulit kak Ayu kusam ya? Kalau kulit kusam itu disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati dan regenerasi kulit yang jarang terjadi di kulit kak Ayu."

S : "Lalu bagaimana cara supaya kulit kak Ayu tidak kusam dan makin cerah? Kulit kak Ayu memerlukan kandungan Alpha Arbutin buat memancing meregenerasi kulit tiap hari supaya kuit kak Ayu makin cerah!"

S : "Salah satunya bisa pakai lotion produk Tintan ini ya kak Ayu buat bantu mencerahkan kulit kak Ayu biar tidak kusam! Bisa kak Ayu pakai setiap setelah mandi di pagi dan sore hari!"

S : "Kalau kak Ayu rutin pakai lotion Tintan ini setiap hari di pagi dan sore hari, maka hasilnya akan terlihat selama 10-14 hari ya kak Ayu!"
S : "Bagaimana kak Ayu? Mau coba 1 botol Tintan dulu? ^v^ "

Q : "Wah boleh deh, harga berapa ya?"

S : "Karena sekarang kak Ayu mau beli nih bakal dapat promo 50% Diskon! Dari harga 129.000 jadinya cuma hanya 64.500 aja loh kak Ayu, kalau beli 2 bisa GRATIS ONGKIR!"

Q : "Wah benarkah? Yaudah deh aku ambil 2 botol aja"

S : "Okeyy kak Ayu, kubuat invoice nya dulu ya kak Ayu. Untuk pembayarannya mau COD atau Transfer kak?"

S : "Transfer aja biar lebih mudah kurirnya."

--- Setelah buat invoice --

Q : "Ini ya kak Ayu, mau kak Ayu Transfer sekarang atau jam 2 siang?"

S : "Sekarang aja deh biar nggak lupa."

--- Setelah Customer Transfer, dan kirim bukti Transferannya ---

Q : "Terima kasih ya kak Ayu telah berbelanja di Toko kami. Semoga keluarga kak Ayu rezekinya berkah selalu dan lancar selalu segala urusannya, Aamiin"

S : "Baik terima kasih yaa, jadi nggak sabar mau nyobain barangnya nih hehe"

Q : "Siapp kak Ayu, ditunggu dulu ya kak Ayu hehe, nanti kalau kurir mau mengantar paketnya kak Ayu, aku chat yaa, jangan lupa save nomorku ini ya kak Ayu hehe"

S : "Okee"

Q : [kirim stiker]


Gimana gimana? Makin paham apa makin mubeng? Heheheh!

Kalau gitu, kubuat ringkasannya aja deh ya! Eh sambil lihat contoh di atas juga ya!


Rangkuman Alur Percakapan pada Customer biar Closing via Whatsapp!

  1. Tanya Nama
  2. Tanya kebutuhan Customer (bisa keluhannya apa, dll)
  3. Jelaskan dari kebutuhan Customer (Kalau keluhan bisa dijelaskan dulu mengapa keluhan itu bisa terjadi, tapi kalau langsung kebutuhan bisa dijelaskan langsung tentang mengapa Customer menginginkan kebutuhan itu dan cara menggapainya bagaimana sambil diarahkan ke produk kamu)
  4. Spill produk kamu sambil sebutkan benefitnya apa saja
  5. Jelaskan cara penggunaannya supaya kebutuhan/keinginan Customer bisa tercapai dalam batas berapa waktu (seperti contoh di atas)
  6. Setelah menjelaskan produk kamu, berikan pertanyaan yang mengarahkan ke pembelian produk
  7. Jika Customer mau, sebutkan harganya dengan tambahan iming" Promo (bisa Hadiah, atau Diskon, dll)
  8. Setelah diberikan harga, tawarkan kalau beli banyak produk akan dapat keuntungan yang berlebih! (Misal, GRATIS ONGKIR, atau GRATIS 1 produk, dll) Berikan pertanyaan dalam bentuk pilihan
  9. Tergantung dari Customer mau berapa produk, tetap closing. Jangan mengulang. Buatkan invoice dalam bentuk teks saja lalu kirimkan pada Customer.
  10. Setelah itu, tanyakan pada Customer mau dibayar pakai COD atau Transfer.

Selesai!


Tips supaya Jualan Produk pada Customer lewat Whatsapp Closing!

  1. Pakailah bahasa yg sopan (tergantung dari target marketnya, jadi dilihat lagi ya!)
  2. Buatlah kalimat yang seringkas dan sejelas mungkin pada Customer, karena kalau chat Whatsapp kalau teksnya panjang maka Customer bakal malas membacanya (Kamu juga bisa membuat template percakapan pada Customer supaya energimu lebih efisien:)
  3. Pakailah gambar supaya teks yg kamu kirimkan pada Customer (chat WA) tidak terlalu panjang. Ini bakal menghemat waktumu :)
  4. Balaslah dengan cepat (Fast Respon!)

Mungkin itu aja dulu ya! Semoga bermanfaat!

Aku akan mengupas apel eh mengupas lebih dalam lagi tentang cara Follow Up Customer melalui Whatsapp, Do'akan semoga aku bisa ya!

Do'akan semoga lancarr jaya yaa, Aamiin!

See You Again ~ Wassalaamu'alaikum!

Previous Post
Next Post

0 komentar: