Sep 26, 2023

4 Cara Memancing banyak Customer ke Whatsapp lebih Efisien!


Assalaamu'alaikum!

Hai! Apa kabar? Baikk!

Okeyy, hari ini kita akan membahas lagi tentang Marketing!

Mengapa kok Marketing terus sih? Apa ngga bosen-bosen?

Selain untuk kamu yang butuh ilmu ini, ini juga untuk aku sebagai catatan di masa depan nanti (kalau lupa hehe) dan juga melatih otakku :)

Oke, lanjut aja yaa~:)


Sebelumnya kita sudah membahas tentang cara promosi lewat Whatsapp, nah sekarang kita akan membahas tentang gimana sih cara memancing dan mengumpulkan customer ke Whatsapp?

Let's Check It Out~!


Cara Mengumpulkan Data Customer ke Whatsapp

Sangat penting untuk punya database Customer, supaya lebih rapi dan kamu mudah mengelolanya :D

Berikut 4 cara memancing esmosi mengumpulkan data Customer dan memancing ke Whatsapp kamu :


Facebook Ads

Cara yang dipakai Facebook Ads ini bisa mengarahkan Customer setelah mengeklik iklan di Facebook ke Whatsapp atau ke website Landing Page dulu. 

  • Langsung ke Whatsapp, berarti Customer akan langsung chat sama kamu sebagai penjual dan Customer akan tanyakan apa yang kamu jual, bisa jasa atau produk. Di sini, kamu harus benar-benar paham cara follow up Customer sampai terjadinya Closing dan harus menggali sebanyak mungkin informasi dari Customer. Jangan lupa, habis di follow up langsung kamu tambahkan ke database Customer.
  • Melalui Website Landing Page, dengan cara ini Customer akan melihat Website tsb dan lebih memahami apa yang kamu jual. Di website Landing Page ada 2 jenis, bisa mengarahkan Customer ke Whatsapp kamu, atau mengisi form dan langsung masuk ke Database Customer punya kamu lalu kamu Follow Up Customer secara manual di Whatsapp. Kusarankan terapkan cara pertama, karena lebih nyaman buat Customer.


Instagram Ads

Untuk cara kerjanya juga sama yaa dengan Facebook Ads, cuma untuk cara pengiklannya dan tempatnya beda :D


Whatsapp Ads

Nah kalau buat ini, iklannya akan ditampilkan di Facebook dan Instagram, bisa salah satu atau keduanya tergantung pilihan kamu. Dan bedanya lagi, kalau pakai Fitur Whatsapp Ads di Whatsapp Business kamu, ketika Customer mengeklik iklan Facebook/Instagram maka akan langsung diarahkan ke Whatsapp kamu.


Grup Whatsapp

Buat cara ini, bisa banget ya kamu cari di internet sekarang sudah banyak. Tapi perlu diperhatikan di sini, carilah grup Whatsapp yg sesuai dengan kategori produk kamu. Misal, produk kamu itu Tas, berarti termasuk kategori Fashion kan? Kamu bisa cari Grup Whatsapp yg tertarik dengan Fashion. Supaya apa? Supaya kamu bisa efisien waktu dalam follow up dan mengelola Customer. Tapi jangan lupa, dimasukkan dulu ke dalam Database Customer baru kamu Broadcast, biar lebih nyaman kerja kamu.


Sebelum lanjut nih, untuk biaya gimana?


Biayanya?

Pasti kamu sudah tau dong jawabannya?

  1. Facebook Ads     =   Bayar, lebih efisian
  2. Instagram Ads     =   Bayar, lebih efisian
  3. Whatsapp Ads     =   Bayar, kurang efisien, tergantung produknya
  4. Grup Whatsapp   =   Gratis, kurang efisien


Okeyy, dari ke-4 cara ini, mana yang paling comfortable buat usaha kamu?

Jangan salah pilih yaa, perhitungkan dengan baik ya! ^o^


Sekian dari saia, terima kasih sudah membaca artikel blog saia, kalau ada salah kata atau ada yg kurang dipahami mohon masukan dan feedbacknya di kolom komentar di bawah ini :)

See You Again, Wassalaamu'alaikum!

Latest
Next Post

0 komentar: