Sep 8, 2020

Cara mengetahui informasi provider/ Sertifikat SSL dari suatu website

 Assalaamu'alaikum.

Halo Guys, apa kabar? Hari ini saya akan membuat artikel tentang cara mengetahui provider SSL dari suatu website.

Saya membuat artikel ini karena gara-gara tes offline untuk masuk kerja, jadinay saya buat artikel aja dapat ide hehe :)

Ok, jadi saya akan mengecek sertifikat SSL dari suatu website di SSLShopper :)

Pertama, buka SSLShopper.


Lalu kedua, ketiklah link website yang akan kamu cek sertifikat SSLnya (kalau nggak hafal, salin terlebih dulu linknya). Lalu tekan Enter.

Ketiga, ayo kita perhatikan :)


Di sini bisa dilihat (di bawah Search), bahwa centang ke :

  1. IP Addressnya ialah 172.217.7.142.
  2. Tipe Servernya ialah gws (Google Web Server).
  3. Sertifikat harus dipercaya oleh semua browser web utama (semua sertifikat perantara yang benar diinstal).
  4. Sertifikat SSLnya akan berakhir dalam 63 hari.
  5. Hostname (google.com) telah dicantumkan dengan benar di sertifikat

Ok, lanjut ke bawah.


Nah, gambar di atas adalah informasi tentang sertifikat yang dipunyai oleh google.com . Bisa dilihat di bagian Valid adalah masa sertifikat SSL dari tanggal berapa sampai tanggal berapa. Tapi lebih mudah dengan cara mengetahui tanggal expired SSL di artikel saya sebelumnya.

Sedangkan yang Chain, mohon maaf saya kurang begitu paham (kalau ada yang tahu mohon beritahu saya lewat kolom komentar).


Sebentar, ada yang kurang. Provider SSLnya mana? Saya kurang begitu paham untuk google.com, tapi saya memberi contoh lain yaitu hostinger.com.


Di centang ke-4, Provider SSL hostinger.com ialah Sectigo SSL. Nah ketemu nih.


Mungkin segitu dulu...


Terima kasih telah berkunjung ke artikel dan blog saya,

Mohon maaf jika ada kesalahan dan kurangnya pemahaman saya, saya menyampaikan apa yang telah saya pahami supaya lebih mudah dalam membuat artikel,

Sekian dari saya, sampai jumpa lagi, Bye-bye ~


Wassalaamu'alaikum.


Previous Post
Next Post

0 komentar: