Dec 16, 2018

Cara menyimpan halaman web sebagai file dalam format .pdf



Assalaamu'alaikum

Apa kabar semua ?
Disini saya lagi diluar rumah, bantu ibulah biasa
Yap, bantu ibu ngeprint di sekolahan :'(
Hahahaa ... Tapi, ada untungnya juga sih karena

Bisa internetan gratis, pakai wifi sekolahan :v
Sekolah ibu, bukan saya wkwkwk

Ok, lanjut...

Disini saya akan menjelaskan tentang cara menyimpan isi halaman web menjadi file pdf
Yap, cara ini banyak mmanfaatnya lho Guys !
Salah satunya ialah menghemat KUOTA !
Jadi, kamu tidak perlu lagi mencari di internet secara terus menerus
Kamu hanya buka file pdf di tempat penyimpanan kamu aja Guys

Saya sebenarnya pernah belum mengetahui cara ini
Ketika saya ditanya oleh seorang bapak di Telkom
Yang mana bapak itu ingin menyimpan isi halaman web (isinya nilai sekolah anaknya) tapi tidak tahu caranya
Dan dia pun meminta tolong ke saya
Karena saya belum mengetahui caranya, saya cari sebisa mungkin tapi tidak ketemu
Lalu, saya meminta maaf kepada bapak itu karena tidak bisa membantunya

Hm... Tapi ternyata caranya semudah itu ya :)

Baiklah, ini dia caranya ...

Pertama, buka dulu halaman web yang isinya ingin disimpan.

Lalu, klik kanan > tekan Ctrl+P atau pilih Cetak (Kalau bahasa Inggris = Print).

Nanti akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini nih. Lalu, klik tombol Ubah di bawah tulisan 'EPSON L360 Series' (Atau nama printermu).

Pilihlah 'Simpan sebagai PDF' (bahasa inggris = Save as PDF).

Kamu juga bisa menyetting halaman mana yang akan dibuang, halaman diperbesar atau diperkecil, mengatur margin, mengatur ukuran halaman dengan A4 atau A5 atau lainnya dengan mengeklik 'Setelan lain'. Kalau tidak mau yasudah gapapa.


Setelah itu, klik 'Simpan' (bahasa inggris = Save). Carilah tempat untuk menyimpan filemu itu. Lalu, klik Save.

Nah, sudah tersimpan nih Guys. Sekarang kita lihat filenya.



Filenya berformat .pdf . File ini bisa kamu buka di web browser ataupun aplikasi pembuka pdf seperti Adobe Reader dan lain sebagainya. Tapi kalau saya web browser saja, mungkin karena hemat memori ? :D

Ok, coba kita buka filenya. Tuh kan tanpa akses internet, hemat kuota kan ? :)



Cara ini sering saya gunakan untuk menyimpan file yang berisi catatan chord lirik sebuah lagu.
Kalau buka internet, itu ribet.
Saya sering menggunakan ini supaya mempermudah saya dalam bermain gitar hehee :v

Sekian dari saya
Terima kasih telah membaca artikel saya
Maaf bila ada kesalahan

Sampai jumpa lagi :)


Wassalaamu'alaikum


Previous Post
Next Post

0 komentar: