Oct 2, 2018

Cara menghubungkan mikrotik ke internet dengan WiFi (Wireless)


Assalaamu'alaikum wr.wb.

Selamat pagi, Guys !
Apa kabar ?
Hari ini, saya akan menulis artikel tentang
Cara menghubungkan mikrotik ke internet dengan wireless

Wow... Tanpa kabel...
Ayo lanjut ...


Konfigurasi Wifi
  1. Buka Wireless ➡️ wlan1 ➡️ Scan.
  2. Klik Start. Lalu, carilah wifi yang akan dihubungkan dengan mikrotik. Lalu klik wifi itu (semisal saya, AxiooSmartClassroom) dan klik Connect.
  3. Lalu, akan seperti ini. Klik OK.



Konfigurasi Security Profile

Konfigurasi ini untuk wifi yang akan dihubungkan mempunyai password.
Jika tidak ada password, maka tidak perlu ditambahkan.
  1. Masih di Wireless, klik tab Security Profiles lalu isilah bagian :
    • Name (jika tidak ingin diubah, tidak apa-apa, terserah mau diisi nama apa),
    • Authentication Types : centang semua
    • Unicast Ciphers : centang semua
    • Group Ciphers : centang semua
    • WPA Pre-Shared Key : isikan password yang sama dengan wifi yang dihubungkan
    • WPA2 Pre-Shared Key : sama dengan WPA Pre-Shared Key
  2. Klik OK. Hasilnya akan seperti ini.
  3. Lalu, kembali lagi di wireless tab interface, klik Wlan1 lalu ubah Security Profile dengan yang telah dibuat tadi ( kalau saya, ps), lalu klik OK.

Konfigurasi DHCP Client
  1. Buka IP ➡️ DHCP Client ➡️ + , lalu ubah interface menjadi wlan1. Klik OK. Tunggu sampai statusnya bound.


Selesai :)
Cukup dulu yaa...
Sekian dari saya
Terima kasih telah membaca artikel saya ini
Dan maaf bila ada kesalahan

Sampai jumpa lagi ^v^


Wassalaamu'alaikum wr.wb.

Previous Post
Next Post

0 komentar: