Oct 15, 2018

Cara membuat navbar atau menu berdasarkan label / kategori



Assalaamu'alaikum wr.wb.

Selamat sore, Guys !

Apa kabar ? Wahaha !
Lanjut aja ...

Disini saya akan memberitahu bagaimana cara membuat navbar atau menu berdasarkan label/kategori.



Mengapa sangat diperlukan ?
Untuk mengelompokkan post/artikel berdasarkan kategori, supaya mempermudah dalam pencarian post/artikel

Contoh gambar web saya yang menampilkan semua post/artikel saya :

~

Dan contoh gambar web saya yang hanya menampilkan post/artikel berdasarkan kategori (kalau saya membuka kategori materi). :

~
                                         
Dan nanti kita akan menyettingnya di bagian navbar :
    • Yang warna merah, adalah navbar
    • Yang warna biru, adalah dropdown menu



Berikut caranya :



  1. Tambahkan label pada post.
    • Kita bisa menambahkan label dengan mengedit post/artikel, setelah itu tambahkan label di bagian 'Post settings ➡️ Labels' yang berada di sebelah kanan. Perlu diketahui, untuk menambah label pada beberapa post/artikel maka jangan pakai cara ini karena ribet dan harus edit satu persatu. Gunakan cara di bawahnya supaya lebih cepat.
    •                              
    • Bisa juga menambahkan label di bagian Post, lalu ikuti no. 
      • 1. beri centang pada kotak kecil itu (biasanya disebut checkbox) untuk menambahkan label pada beberapa post/artikel,
      • 2. Klik yang ada tanda panah ke arah bawah, dan
      • 3. Pilih label, jika belum ada bisa klik New Label ➡️ beri nama label ➡️ klik OK seperti gambar di bawah ini.
                                       
  2. Masuk ke Theme ➡️ Edit HTML
    1.                             
  3. Lalu, carilah menu yang ingin ditambahkan label, untuk mencari dengan cepat tekan Ctrl+F lalu ketik <nav . Lalu, tambahkan alamat link dengan format : https://[alamatlinkblogmu]/search/label/[nama_label], seperti contoh di bawah.
    1.                                
  4. Silahkan dicoba :D

Cukup sekian dari saya
Jika belum bisa, bisa bertanya pada saya di komentar :)

Terima kasih telah membaca artikel saya ini :)
Maaf jika ada kesalahan :D

Sampai jumpa ^v^

Wassalaamu'alaikum wr.wb.
Previous Post
Next Post

0 komentar: