Sep 25, 2018

Block Port dengan Mikrotik

Assalaamu'alaikum wr.wb.

Selamat malam, Guys ! Apa kabar ?
Maaf ya pembuka dulu, biar mirip dengan struktur teks lainnya :v ...
Ayo lanjut,

Berikut setting cara block port di Mikrotik :

  1. Buka WinBox, pastikan sudah terhubung antara laptop/komputer dengan mikrotik menggunakan kabel Ethernet/UTP. Lalu, klik Tab Neighbors ➡️ MAC Address Mikrotik (kalau saya = D4:CA:6D:B7:E6:52) ➡️ Connect. Tunggulah beberapa saat.
  2. Ini adalah tampilan sudah masuk WinBox.
  3. Lalu, klik IP ➡️ Firewall.
  4. Klik tanda + (tambah Firewall).
  5. Tambahkan :
    • Chain : forward
    • Protocol : 6 (tcp)
    • Dst. Port : terserah, mau block port apa (kalau saya mau block port HTTPS : 443) 
  6. Ubahlah Action menjadi drop. Lalu, Apply ➡️ OK.
  7. Coba dicek sekarang.

*Maaf hanya ada satu foto, seharusnya ada dua foto (sebelum dan sesudah port diblock) namun karena ada kesalahan teknis (fotonya salah simpan) maka harap dimaklumi :)

Jika ingin memblock port lebih dari satu, maka tambahkan lagi dengan menyetting block port yang berbeda di Mikrotik.

Sudah selesai.


Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan,
Bila ada kesalahan kata maupun materi, saya mohon maaf dan bisa berkomentar di bawah
Terima kasih telah membaca artikel saya :)

Wassalaamu'alaikum wr.wb.
Previous Post
First

0 komentar: