Jul 10, 2023

Mengapa Rumah Lebih Mahal dari Tanah? Padahal Luasnya sama

Bismillah, Assalaamu'alaikum!


Mungkin kamu bertanya-tanya,

Mengapa harga rumah lebih mahal daripada tanah dengan luas yang sama?

Artikel ini akan membuka pikiranmu pelan-pelan tentang mengapa hal ini terjadi, sehingga kamu dapat memahami dan mencari properti yang sesuai untuk investasi yang menguntungkan, atau buat hunian dan keperluan lainnya.


1, Bangunan Menambah Nilai

Rumah memiliki bangunan seperti kamar tidur, kamar mandi, dapur, dan ruang tamu. Biaya untuk membangun dan memperbaiki bangunan tersebut membuat harga rumah lebih tinggi daripada tanah kosong.


2. Fasilitas dan Kenyamanan

Rumah umumnya sudah dilengkapi dengan fasilitas seperti air, listrik, dan akses jalan yang sudah ada. Selain itu, adanya fasilitas tersebut membuat rumah lebih nyaman untuk ditinggali.


3. Perizinan dan Regulasi

Untuk membangun rumah, diperlukan perizinan dan pemenuhan regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah. Biaya ini juga ikut mempengaruhi harga jual rumah.


4. Lokasi yang Strategis

Rumah yang terletak di area yang strategis, dekat dengan pusat kota, toko, sekolah, dan tempat umum lainnya cenderung memiliki harga yang lebih tinggi karena aksesibilitas yang lebih baik.


Meskipun luas tanahnya sama, harga rumah lebih tinggi karena nilai tambah dari bangunan, fasilitas, dan faktor-faktor di atas. Namun, setiap properti memiliki nilai dan keunggulan sendiri tergantung pada kebutuhan individu. Penting untuk melakukan riset, mempertimbangkan anggaran, dan berkonsultasi dengan ahli properti sebelum memutuskan investasi properti yang tepat.

Dengan pemahaman ini, kamu dapat lebih siap dan lebih cerdas dalam mencari properti yang sesuai untuk investasi dan kebutuhanmu!


Semoga dapat!

CMIIW!

Wassalaamu'alaikum!

Previous Post
Next Post

0 komentar: