Jan 26, 2023

5 Marketplace Terbaik Legendaris Indonesia! Banyak Promonya bahkan sampai GRATIS ONGKIR!

Assalaamu'alaikum..

Halo semuanya, apa kabar? Hari ini hari yang cerah ya? Pagi Kamis yang mempesona, Aamiin ^v^

Hari ini, aku akan membahas terkait dengan Marketplace.

Hayoo... Siapa yang tidak tahu tentang Marketplace?

Hampir semua orang tahu tentang Marketplace, bahwa tempat belanja online yang sangat digemari dan semakin populer sampai hari ini. Tiada kata bosan untuk selalu men-scroll layar HP ke bawah, hanya bisa tertarik pada produk dengan harga yang menggoda dari berbagai toko yang muncul di beranda Marketplace. Hanya bisa melihatnya saja? Tenang, ada Promo Diskon dan Cashback yang selalu setia menemani Anda belanja. Biaya pengiriman? Tenang, sudah ada fitur Gratis Ongkir :)

Semudah itu di zaman sekarang, belanja apa langsung di-CheckOut, belanja ini itu langsung CheckOut, uang belum ada? Tenang, bisa bayar pakai sistem COD (Cash On Delivery). Simple di hidup zaman sekarang, jika dibandingkan dengan zaman dahulu yang serba offline. Yang pasti, Marketplace ini sangat berdampak positif dan bisa membuka lapangan kerja baru.

Okeyy, kamu pasti pernah menggunakan Marketplace, kan? Dan, pastinya bisa GRATIS ONGKIR, kan? Udah ah nggak usah malu-malu, aku juga sama kok hehe :D

Okeyy ya jadi, Marketplace itu kan banyak. Nah, sekarang pertanyaannya, dari berbagai Marketplace yang ada di Indonesia, manakah yang terbaik? Manakah yang paling terbaik di sisi Pelayanan, Diskon, Promo Gratis Ongkir, Fitur-fiturnya, dan lain sebagainya?

Sebenarnya banyak sih, tapi kita ringkas jadi 5 Marketplace aja ya (karena beberapa Marketplace ini yang sering dipakai buat umum, sisanya lebih khusus seperti lebih fokus ke Fashion, dan lain sebagainya. Dan juga, Marketplace inilah yang sudah bertahan beberapa tahun).

Langsung aja ya, ini diaaa... @o@


1. Tokopedia

Pertama, Tokopedia. Marketplace ini didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison di Jakarta, Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2009. Tokopedia menjadi Marketplace Pertama di Indonesia yang masih berjalan sampai sekarang karena jangkauannya yang semakin luas. Marketplace ini terkenal dengan warna hijau, dari segi logonya sampai tampilan Marketplacenya pun dengan warna dasar hijau. Marketplace ini sudah semakin besar wilayahnya bahkan hampir se-Indonesia pun tahu nama tersebut, yaitu Tokopedia. Tak salah, jika Tokopedia bisa sampai mengundang BTS yaitu BoyBand Korea pertama sebagai Ambassador di Tokopedia! Oya, kerennya, Tokopedia ini mendapat Investor dari SoftBank dan Alibaba lho! Keren ngga tuh? :3

Untuk fitur dan fasilitas yang tersedia di Tokopedia juga tidak kalah penting lho ges! Kita bisa beli Pulsa, bayar Listrik, BPJS, dan biaya rumah lainnya bisa diselesaikan hanya melalui Tokopedia! Selain itu, dengan fitur penggunaan user yang friendly dan juga nyaman dipandang eh dilihat akan memanjakan mata kamu sebagai user dan tergeraklah jari tanganmu untuk mengetuk layar di bagian tombol "CheckOut" wkwkw...

Tokopedia juga menyediakan Fitur Kejar Diskon Spesial yang murah meriah dengan niat membantu para pembeli CheckOut segera dengan menghemat biaya! Tokopedia juga menyediakan Diskon yang tidak sedikit. Selalu tersedia Cashback di produk-produk yang tersedia yang telah terpilih oleh Tokopedia. Jadi, kita mendapat keuntungan simbiosis mutualisme ni, kita beli barang pun dapat kembalian barang berupa Cashback! Biaya pengiriman? Ni yang aku suka, selalu ada Diskon Ongkir bahkan bisa sampai GRATIS ONGKIR! Dan kerennya, Tokopedia menyediakan fitur pengiriman secara Instan! Biasanya pakai Gojek atau Grab yang langganan di sana wkwkw, dan untuk ini pasti selalu dapat Promo Ongkir! Keren ngga tuh? :3

Untuk mendapatkan Promo lebih di Tokopedia, kamu bisa berlangganan di Tokopedia PLUS! Hanya berlangganan senilai Rp 25.000/bulan aja kamu sudah bisa menyelam banyak Promo GRATIS ONGKIR lebih dalam untuk mempermudah biaya pengiriman produk yang kamu beli sambil menghemat isi dompet kamu di Tokopedia! Selain itu, kamu jgau bisa mendapatkan keuntungan mendapatkan Promo Eksklusif serta pesanan yang diterima oleh Seller lebih cepat! Dan keuntungan-keuntungan yang didapat lainnya ^o^.

Untuk biaya pembayaran jangan khawatir, Tokopedia selalu aman dan mudah dalam melakukan pembayaran produk secara online. Bisa melalui Transfer Bank, melalui perantara Alfamart/Indomaret, melalui OVO, dan lain sebagainya. Oya, Tokopedia bekerjasama dengan Gopay, lho! Jadi, kerennya, kamu bisa mendapatkan 1 Point Gopay GRATIS setiap harinya hanya dengan mengeklik Kotak Hijau yang selalu muncul di beranda aplikasi Tokopedia kamu! Seru, kan?

Apalagi kalau produk dalam bermasalah dan tidak bisa dibeli, tapi uang sudah diTransfer? Tenang aja, uangnya tetap dikembalikan kok, Tokopedia tidak korupsi :). Uangnya dikembalikan di dompet sementara, bisa kamu buat beli produk yang sama di toko online lain di Tokopedia atau kamu tarik kembali uangnya ke rekening Bank kamu, dan semua itu prosesnya sangat cepat! Proses pembayaran yang sangat cepat membuat si pengguna atau pembeli sangat nyaman menggunakan aplikasi ini. Tidak salah lagi, Tokopedia menjadi Platform E-Commerce Nomor 1 di Indonesia yang banyak minatnya.

Selain dari sisi si pengguna atau pembeli, kamu juga bisa menghasilkan cuan hanya melalui Tokopedia, lho! Jadilah Affiliator Tokopedia, dengan cuannya yang tinggi bahkan keuntungan bisa mendapatkan Rp 10.000 per produk dengan harga Rp 50.000, membuat kamu setara dengan Pengusaha! Rata-rata sih segitu keuntungan Pengusaha untuk Pemula. Dan, kamu bisa mencobanya dengan men-share katalog produk yang terkait. Tidak hanya produk, kalau pengguna melakukan pembelian bukan di produk yang kamu bagikan linknya tapi membeli produk lain di toko yang sama, maka kamu juga bisa mendapatkan Untung jadi Affiliator, lho! Keren, kan? @v@

Sudah penggunaannya user friendly, nyaman dipandang eh dilihat, bisa menghasilkan cuan lagi!

Cuma ada minusnya ni, di Tokopedia ini hampir sebagian toko online di sana jarang respon chat, bisa dibilang slow respon. Mengapa? Karena dari fitur penjual Tokopedia Seller tidak ada penalty point untuk Toko Online yang slow respon. Jadi, kamu harus pilah-pilah dalam mencari produk yang mau kamu beli ya! Sebisa mungkin cari sampai di deskripsi dan testimoni orang di toko sana!

Oya ada lagi (baru inget:'), ntah di HP aku aja yang belum bisa atau di HP orang lain juga belum bisa pakai fitur COD di Tokopedia. Aku cari-cari di toko online di Tokopedia pun tidak ketemu-ketemu. Selalu muncul notifikasi, "Fitur COD belum tersedia di toko ini". Dan, aku pun juga sudah menyalakan fitur COD di toko online aku sendiri di Tokopedia, tapi juga masih belum bisa. Tapi, nggak papalah selagi pembayaran di Tokopedia masih Aman ^o^.


Biodata Tokopedia :

  • Nama : Tokopedia
  • Tempat Lahir : Jakarta, Indonesia
  • Tanggal Lahir : 17 Agustus 2009
  • Orang Tua (Pendiri) : William Tanuwijaya & Leontinus Alpha Edison
  • CEO : William Tanuwijaya
  • Warna Dasar : Hijau
  • Kategori Produk : Hampir semuanya (Fashion, Perabotan Rumah Tangga, Baby & Mom, Biaya Rumah Tangga (Pulsa, Listrik POM Air, BPJS, dll), Elektronik, Makanan dan Minuman, dll), Kesehatan, Kecantikan, dll
  • Promo : Diskon Harga, Cashback, Gratis Ongkir
  • Keunikan : Keuntungan Affiliasi Tokopedia yang tinggi dibandingkan Marketplace lain, & Selalu mendapat 1 Point Gopay GRATIS setiap harinya
  • Minus : Belum ada fitur Penalty Point untuk Toko Online Tokopedia Seller yang slow respon chat sehingga sebagian dari user penjual jarang merespon chat dan bisa menjadi miss komunikasi antara si pembeli dan si penjual, & Belum tersedia penggunaan sistem COD di toko Online di Tokopedia


2. Shopee

Kedua, Shopee. Marketplace ini didirikan di Singapura oleh Forrest Li. Untuk masalah Shopee didirikan dan diluncurkan pada tahun berapa, masih belum tahu pasti, ada yang mengatakan pada tahun 2005 dan 2009. Di sini aku ambil secara garis besarnya saja, bahwa Shopee didirikan pada tanggal 5 Februari 2015. Shopee berkembang pesat di berbagai negara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, dan masih banyak lagi. Tidak salah lagi, Shopee telah menjadi Platform E-Commerce terbesar di Asia Tenggara. Warnanya yang khas akan Orange atau Jingga (dalam Bahasa Indonesianya), menjadi lambang warna dasar si Shopee ini tersendiri. Jika dilihat sampai sekarang, Shopee makin berkembang pesat hampir setara dengan Tokopedia. Bahkan, Shopee berhasil mengundang banyak BoyBand/GirlBans Korea bahkan BlackPink. Wew, cara mengundang BoyBand/GirlBand Terkenal gitu gimana yak :3

Untuk fitur dan fasilitas yang tersedia di Shopee juga mencakup hampir semuanya, dimulai dari biaya rumah tangga seperti Pulsa, Listrik, BPJS, lalu untuk kategori Produknya juga secara Umum seperti di bidang Fashion, Makanan dan Minuman, Perabotan Rumah Tangga, Elektronik, dan lain sebagainya. Shopee juga menyediakan penggunaan user secara Friendly, lho! Jadi kamu pasti nyaman menggunakan aplikasinya. Aku yakin, kamu semakin tergila-gila dengan Shopee karena berbagai fitur Shopee tersendiri yang menggoda jari tanganmu untuk cepat-cepat mengklik tombol "CheckOut"! :v Ditambah lagi adanya Flash Sale yang memanas, 1 HP harganya hanya Rp 1.000 aja tapi stok tersedia cuma 5 produk aja, pasti pada memanas tu keringatan ketika waktu Flash Sale nya mau mulai :v. 

Selain adanya Flash Sale, Shopee juga banyak menyediakan Promo Diskon, Cashback, bahkan sampai GRATIS ONGKIR. Lebih Hebatnya lagi, untuk GRATIS ONGKIR ada Paket Promo Khusus yang bisa kamu pakai, hanya membayar senilai Rp 20.000 aja kamu sudah bisa mendapatkan banyak Promo GRATIS ONGKIR di Shopee! Wew, kamu bisa CheckOut puluhan produk di Shopee dalam sehari sambil menghemat uang!

Terdapat fitur unik nih di Shopee, dimana kamu bisa mengumpulkan koin GRATIS hanya dari nonton LIVE Toko Online User Penjual. Koin itu kamu kumpulkan dan akan membantu meringankan pembayaran produk yang mau kamu beli. Kamu bisa mengumpulkan 500 koin sehari hanya dari nonton LIVE Shopee aja! Wah seru kan, bisa jalan-jalan online ke Pasar Online di Shopee malah dapat uang jajan! :3

Selain dari sisi pembeli, sebagai pembeli, kamu akan merasa aman kalau melihat dari sisi si penjual. Shopee menyediakan fitur Penalty Point bagi user penjual yang jarang bahkan tidak membalas chat customer selama lebih dari sehari! Jadi, user penjual akan membalas chat kamu dengan Fast Respon dan kamu tidak perlu menunggu lebih sehari untuk info produk dari toko Online yang kamu pantau. Dan fitur ini ialah satu-satunya yang baru tersedia di Platform E-Commerce ini, Shopee. Sedangkan, di Platform E-Commerce lainnya belum tersedia. Sangat disayangkan di tempat lain belum ada, maka dari itulah fitur ini bisa menjadikan sebagai keunikan dari si Shopee :3.

Oya, Shopee bisa pembayaran melalui COD, lho! Dan, terkenalnya Shopee ialah ke-COD-an-nya haha (lihat aja iklan Shopee, pasti kebanyakan tentang COD, kan? Shopee COD, Shopee COD :'v). Selain COD, Shopee juga menyediakan pembayaran melalui Dompet Digital semisal ShopeePay (punya Shopee sendiri), melalui Transfer Bank, bisa juga melalui perantara Indomaret/Alfamart, dan lain sebagainya. Eits, untuk kamu yang COD, jangan lupa diterima ya untuk paket COD yang datang, dan jangan ditolak! Soalnya kasihan si penjual kan sudah mengemas paket kamu dengan riang hati dan juga dengan CINTA wiwiw..:3

Untuk pengiriman, ternyata Shopee juga menyediakan pengiriman Instan, lho! Tapi hampir sama dengan Tokopedia, Shopee juga hampir sering pengiriman Instan dengan Grab ataupun Gojek yang juga terkenal se-Indonesia.

Selain pengiriman secara Instan ini, Shopee juga menyediakan sistem Shopee Food, dimana para pengguna Shopee bisa memesan makanan/minuman yang matang dan siap untuk dimakan hari itu juga! Semakin banyak kamu memesan makanan atau minuman di suatu toko, maka semakin banyaklah Promo Diskon yang didapat dan semakin hematlah biaya ongkirnya. Inilah salah satu keunikan dari Shopee sebagai Platform E-Commerce yang berbeda dengan Platform E-Commerce lainnya (yang uniknya lagi, untuk Shopee Food juga mengadakan Flash Sale, haha:).

Setiap Marketplace pasti ada minusnya, yap betul sekali Shopee ada minusnya. Untuk Affiliator Shopee tidak sebesar di Tokopedia, tapi kamu masih dapat Untung kok menjadi Affiliator di Shopee! Dan sejujurnya, aku juga kurang begitu paham sistem Affiliasi di Shopee. Bisa kamu cari tahu lebih di Shopee yak! :D

Untuk Ongkirnya bisa terbilang cukup tidak murah, walau ada Diskon Ongkir tapi belum bisa menutupi biaya yang berlebih, seperti biaya admin atau biaya COD misalnya. Untuk biaya COD apalagi, untuk pembeli yang sudah sering melakukan sistem COD akan diberlakukan biaya COD yang tinggi, dan untuk jumlah biayanya tergantung dari produk yang dibeli. Dan karena penambahan biaya seperti inilah yang agak membuatku terganggu dan kurang merasa nyaman untuk melakukan pembelian di Shopee. Beda kalau melalui Transfer, cuma membayar biaya admin dan biaya penanganan dengan Total senilai Rp 2.000 aja. Jadi, bagi kamu yang mau CheckOut di Shopee, bisa ni pakai pembayaran melalui Transfer Bank aja supaya lebih Hemat :).


Biodata Shopee :

  • Nama : Shopee
  • Tempat Lahir : Singapura
  • Tanggal Lahir : 5 Februari 2015 (di Indonesia)
  • Orang Tua (Pendiri) : Forrest Li
  • CEO : Chris Feng
  • Warna Dasar : Orange / Jingga
  • Kategori Produk : Hampir semuanya (Fashion, Perabotan Rumah Tangga, Baby & Mom, Biaya Rumah Tangga (Pulsa, Listrik POM Air, BPJS, dll), Elektronik, Makanan dan Minuman, dll), Kesehatan, Kecantikan, dll
  • Promo : Diskon Harga, Cashback, Gratis Ongkir
  • KeunikanMenyediakan fitur Shopee Food khusus untuk kategori Makanan/Minuman siap makan, & Adanya fitur Penalty Point untuk Toko Online Shopee Seller yang slow respon chat sehingga chat customer langsung dibalas secara Fast Respon oleh si penjual, & Bisa mendapatkan tambahan 500 koin per harinya hanya melalui LIVE Shopee
  • Minus Biaya admin COD yang tidak sedikit, membuat si pembeli merasa kurang nyaman dalam pembelian, & Untuk sistem Affiliasi di Shopee serta penggunaannya belum begitu jelas


3. Lazada

Ketiga, Lazada. Marketplace ini didirikan pada tanggal 27 Maret 2012 di Singapura oleh Maximillian Bittner. Lazada sudah berkembang pesat di berbagai negara di Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, dan masih banyak lagi. Lazada mulai beroperasi masuk ke Indonesia pada tahun 2012, dan sampai sekarang Lazada semakin membesar dan menjadi Platform E-Commerce terpopuler di Indonesia. Untuk warna khasnya yaitu dengan warna dasar Ungu. Lazada semakin berkembang bahkan bisa sampai mengundang sang Artis Korea Selatan si Lee Min Ho menjadi Brand Ambassador Regional Pertama! Keren ngga tuh? :3

Untuk fitur dan fasilitas yang tersedia di Lazada juga hampir ada semuanya, mulai dari biaya Tagihan serta Pulsa dan Listrik, dan Lazada juga menyediakan kategori produk seperti Elektronik, Makanan atau Minuman, Perabotan Rumah Tangga, Kesehatan, Kecantikan, dan masih banyak lagi. Dengan tampilan yang user friendly, membuat para pengguna aplikasi Lazada ini makin nyaman dengan fitur dan fasilitas yang tersedia di sana, apalagi disuguhkan dengan produk-produk dari berbagai toko online yang menggoda mata untuk membeli, bisa jadi otomatis jari tangan langsung menyentuh layar bagian tombol "CheckOut" :v.

Jangan khawatir jika duit kamu akan kehabisan karena Lazada selalu memberi kamu Harga-Harga Termurah nya di beranda kamu. Dengan Harga yang semakin terjangkau dan banyaknya Promo yang tersedia akan membuatmu betah men-scroll layar di Lazada. Terus kapan lepasnya? Kalau ada gangguan, wkwkw.

Di Lazada sendiri, terdapat Voucher Promo GRATIS ONGKIR yang sangat banyak sekali. Kamu bisa lihat gambar di bawah ini, terdapat banyak sekali Voucher GRATIS ONGKIR nya yang akan membuatmu berpikir, "Buset dah, Lazada ni ngga rugi po ya selalu nyediain promo ongkir sebanyak gini??" :'3. Dan, karena Promo GRATIS ONGKIR inilah yang membuat para pengguna user merasa nyaman belanja di Lazada karena hanya belanja senilai Rp 15.000 aja sudah bisa mendapatkan GRATIS ONGKIR s/d Rp 10.000 ! Keren ngga tuh? :3

Karena banyaknya Promo GRATIS ONGKIR inilah, Lazada biasa digunakan sebagai langganan para COD-an, wkwkw. Beda dengan Shopee, Lazada tidak ada biaya admin COD jadi bisa dibilang lebih Hemat Belanja di Lazada. Selain sistem pembayaran COD, Lazada juga menyediakan sistem pembayaran melalui Transfer Bank, Dompet Digital lainnya, melalui Indomaret/Alfamart, dan masih banyak lagi. Dan sekali lagi, untuk sistem pembayarannya pun Aman ya ges ya.

Selain itu, ternyata Lazada juga punya fitur Cashback. Nah fitur ini bisa membantu kamu untuk meringankan biaya belanja kamu di Lazada bahkan bisa dapat potongan sampai Rp 20.000 ! Cara mendapatkan Cashback tiap belanja online di Lazada gimana kak? Ya tinggal kamu cari bagian Cashback lalu kamu klaim voucher Cashback, dan ketika kamu mau CheckOut belanjaan kamu di Lazada pastikan Cashback nya mendapat nilai potongan yang lebih besar. Dan, sejujurnya aku sangat terbantu dengan adanya fitur Cashback ini, soalnya potongannya besar jadi belanja makin murah! Dan uniknya lagi, aku pernah bekerja di Perusahaan Startup bagian penjualan, dan aku melihat di Marketplace Lazada untuk sistem Cashback yang kita dapatkan ternyata tidak dipotong dari harga produk Tokonya. Apakah dari Dana Lazada sendiri? Ntahlah, aku juga tidak tahu.

Untuk pengiriman, Lazada hanya menyediakan 1 jenis pengiriman aja, dan itu tidak bisa dipilih oleh para pengguna user Lazada. Dan ternyata, untuk kurir pengirimannya bukan dari pihak jasa ekspedisi lainnya seperti J&T, JNE, maupun lainnya tapi kurir pengirimnya benar-benar dari Lazada. Ntah berlaku di beberapa Toko Online di Lazada aja atau di semua Toko Online di Lazada aku juga belum tau (soalnya belum mengotak-atik bagian Lazada Seller). Bisa disimpulkan, Lazada belum menyediakan pengiriman secara Instan. Jadi, bagi kamu yang mau paketnya datang dengan cepat, harap menunggu karena pengiriman standar membutuhkan beberapa hari :).

Lazada pun ada minusnya hampir sama dengan Tokopedia, yaitu belum adanya sistem Penalty Point bagi Toko Online yang lambat dalam membalas pesan customer. Sangat berpengaruh sistem, sehingga jika sistemnya belum diterapkan di Lazada maka para penjual akan membalas pesan customer dengan lambat bahkan tidak sama sekali. Tapi, berbeda dari Tokopedia, ternyata sebagian para penjual di Lazada masih membalas pesan customer secara Fast Respon kok bahkan kurang dari sehari. Hebat sih menurutku karena langka sendiri kejadian seperti ini. Dan membalas chat customer itu penting sekali sebagai bentuk pelayanan yang berkualitas :).

Oya satu lagi, untuk sistem Affiliasi Lazada pun juga belum begitu jelas. Padahal sudah kuusahakan mencari info terkait hal itu, tapi masih belum bisa kutemukan dengan jelas untuk info detailnya :').


Biodata Lazada :

  • Nama : Lazada
  • Tempat Lahir : Singapura
  • Tanggal Lahir : 27 Maret 2012
  • Orang Tua (Pendiri) : Maximillian Bittner
  • CEO : Chun Li
  • Warna Dasar : Ungu
  • Kategori Produk : Hampir semuanya (Fashion, Perabotan Rumah Tangga, Baby & Mom, Biaya Rumah Tangga (Pulsa, Listrik, Tagihan, dll), Elektronik, Makanan dan Minuman, dll), Kesehatan, Kecantikan, dll
  • Promo : Diskon Harga, Cashback, Gratis Ongkir
  • Keunikan : Menyediakan banyak Voucher Promo GRATIS ONGKIR secara GRATIS, & Terdapat fitur Cashback yang nilainya besar, sehingga membantu para pengguna untuk membeli dengan harga lebih murah dan Hemat biaya, & Sistem pembayaran COD yang mudah dan tiada tambahan biaya admin COD
  • Minus : Belum ada fitur Penalty Point untuk Toko Online Lazada Seller yang slow respon chat sehingga sebagian dari user penjual jarang merespon chat dan bisa menjadi miss komunikasi antara si pembeli dan si penjual, & Untuk sistem Affiliasi di Shopee serta penggunaannya belum begitu jelas, & Jasa pengiriman hanya 1 jenis saja, sehingga belum tersedia pengiriman secara Instan


4. Bukalapak

Keempat, Bukalapak. Marketplace ini didirikan pada tanggal 10 Januari 2010 di Jakarta, Indonesia oleh Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono, dan Fajrin Rasyid. Untuk warna khasnya yaitu warna dasar merah. Semakin ke sini, Bukalapak makin berkembang pesat sampai bisa mengundang Soong Joong Ki menjadi Brand Ambassador Bukalapak! Keren ngga tuh? :3

Untuk fitur dan fasilitas, Bukalapak menyediakan fitur pembayaran untuk rumah tangga seperti biaya Pulsa, Tagihan, Listrik, dan masih banyak lagi. Bukalapak juga menyediakan kategori produk yang banyak jenis macamnya, seperti di bidang Fashion, Elektronik, Makanan dan Minuman, Kecantikan, Kesehatan, Perabotan Rumah Tangga, dan lain sebagainya. Untuk tampilannya pun menggunakan user friendly, jadi para pengguna akan merasa nyaman dan betah men-scroll produk-produk yang tampil di beranda Bukalapak.

Bukalapak sendiri menyediakan Voucher Diskon bahkan GRATIS ONGKIR untuk memudahkan para pembeli dalam menghemat biaya! Selain itu, Bukalapak juga menyediakan sistem pembayaran COD tanpa biaya admin COD, jadi para pengguna bisa ni mau beli produk tapi bayar pas paketnya datang, tapi tetap dibayar lho ya paketnya jangan dibuat retur paketnya, kasihan si penjual :'). Selain via pembayaran COD, Bukalapak juga menyediakan pembayaran melalui Transfer Bank, Dompet Digital, dan masih banyak lagi. 

Untuk membalas chat, bisa dibilang di Bukalapak ini para penjualnya sering Fast Respon. Ntah ada sistem Penalty Point untuk para penjual Toko Online di Bukalapak yang lambat/tidak membalas chat customer atau tidak, tapi aku kagum bisa Fast Respon, bisa dibilang Tokopedia kalah dari Bukalapak. Karena pelayanan customer melalui chat dengan Fast Respon itu penting sekali supaya tidak terjadi yang namanya miss komunikasi, dan customer pun nyaman ketika belanja di toko online tersebut :).

Oya, ternyata Call Center Bukalapak Fast Respon juga, lho! Jadi, kalau kamu ada kesulitan di Bukalapak, bisa segera menghubungi CS Bukalapak dengan mengklik BukaBantuan :D.

Oya, untuk keamanan dari segi pembayaran sampai info pribadi kamu dijaga ketat sekali  oleh Bukalapak, lho! Jadi, kamu akan merasa Aman dan tidak merasa terancam ketika mau CheckOut di Bukalapak. Apalagi untuk penjual toko online di Bukalapak, keamanan verifikasinya tinggi jadi celah untuk menipu hampir tidak ada, Insya Allah.

Sayangnya, dari sisi minus, Bukalapak kurang menyediakan voucher yang banyak. Dan, ketika aku melihat harga produknya memang bisa dibilang lebih tidak murah dibandingkan Marketplace lainnya. Jadi, kalau mau bersaing dengan toko online beda Marketplace, rasanya kurang perform. Dan juga, untuk produknya ada beberapa kategori yang menyediakan produk yang sedikit aja ya, seperti Hijab Voal misalnya.


Biodata Bukalapak :

  • Nama : Bukalapak
  • Tempat Lahir : Jakarta, Indonesia
  • Tanggal Lahir : 10 Januari 2010
  • Orang Tua (Pendiri) : Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono, dan Fajrin Rasyid
  • CEO : Willix Halim
  • Warna Dasar : Merah
  • Kategori Produk : Hampir semuanya (Fashion, Perabotan Rumah Tangga, Baby & Mom, Biaya Rumah Tangga (Pulsa, Listrik, Tagihan, dll), Elektronik, Makanan dan Minuman, dll), Kesehatan, Kecantikan, dll
  • Promo : Diskon Harga, Gratis Ongkir
  • Keunikan : Adanya keamanan yang tinggi, sehingga para user merasa Aman, & Sistem pembayaran COD yang mudah dan tiada tambahan biaya admin COD, & Chat customer dibalas Fast Respon, & Adanya BukaBantuan yang membantu customer terhubung dengan Call Center Bukalapak untuk memudahkan masalah yang dihadapi customer di Bukalapak
  • Minus : Penyedia Voucher Diskon dan GRATIS ONGKIR tidak sebanyak Marketplace lain, & Harga produk di Bukalapak lebih mahal dibandingkan dengan Marketplace lain


5. Blibli

Kelima, Blibli. Marketplace ini didirikan pada tanggal 25 Juli 2011 di Jakarta, Indonesia oleh Ronnie Liem dan Wijaya Tanuwijaya. Untuk warna khasnya yaitu warna dasar biru muda. Blibli ini adalah Marketplace yagn semakin ke sini semakin berkembang pesat di Indonesia bahkan berani mengundang Park Seo Joon, Aktor Korea sebagai Brand Ambassador di Blibli! Tambahan, ternyata NCT juga ikut menjadi Brand Ambassador Blibli! Wew, keren ngga tuh? :3

Untuk fitur dan fasilitas, Blibli menyediakan hampir semuanya, mulai dari pembelian Pulsa, Listrik, Tagihan, bahkan juga menyediakan berbagai macam produk seperti di bidang Fashion, Elektronik, Perabotan rumah tangga, Kecantikan, Kesehatan, dan masih banyak lagi. Untuk penggunaan tampilannya pun juga user friendly banget enak dipandang mata :> , jadi nyaman digunakan para pengguna untuk melakukan pembelian produk di Blibli. 

Blibli juga menyediakan voucher Diskon hingga GRATIS ONGKIR, sehingga memudahkan para pembeli untuk melakukan belanja online :). Untuk jasa pengiriman pun bisa memilih ya ges ya, jadi ada beberapa jasa pengiriman yang bisa kamu pilih di Blibli. Untuk sistem pembayaran pun bisa melalui transfer Bank, dompet digital (OVO, dll), melalui gerai Indomaret/Alfamart, dan lain sebagainya. Jangan khawatir, pembayaran di Blibli sudah Aman ya ges :).

Sayangnya, untuk respon chat yang diberikan pada para seller di Blibli tidak Fast Respon, sehingga membuat customer kurang nyaman untuk belanja di toko online tsb. Dan ternyata, Blibli belum menyediakan sistem pembayaran COD. Dan untuk voucher Diskon GRATIS ONGKIR nya pun tidak banyak, tapi kamu bisa belanja banyak di sana supaya bisa mendapatkan GRATIS ONGKIR yang lebih besar ya! :D


Biodata Blibli :

  • Nama : Blibli
  • Tempat Lahir : Jakarta, Indonesia
  • Tanggal Lahir : 25 Juli 2011
  • Orang Tua (Pendiri) : Kusumo Martanto, Martin Hartono, Lisa Widodo, Hendry, Lay Ridwan Gautama
  • CEO : Kusumo Martanto
  • Warna Dasar : Biru Muda
  • Kategori Produk : Hampir semuanya (Fashion, Perabotan Rumah Tangga, Baby & Mom, Biaya Rumah Tangga (Pulsa, Listrik, Tagihan, dll), Elektronik, Makanan dan Minuman, dll), Kesehatan, Kecantikan, dll
  • Promo : Diskon Harga, Gratis Ongkir
  • Keunikan : Terdapat otentikasi pertanyaan keamanan akun, sehingga Verifikasi akun yang ketat dan Aman, & Tampilan user yang friendly banget dibandingkan Marketplace lain
  • Minus : Penyedia Voucher Diskon dan GRATIS ONGKIR tidak sebanyak Marketplace lain, & Belum ada fitur Penalty Point untuk Toko Online Lazada Seller yang slow respon chat sehingga sebagian dari user penjual jarang merespon chat dan bisa menjadi miss komunikasi antara si pembeli dan si penjual.

Nah, jadi begitulah ges untuk 5 Marketplace Terbaik di Indonesia. Sebenarnya masih ada lagi, seperti Zalora, Matahari Mall, Elevania, Hijup, dan masih banyak lagi. Cuma yang membedakan, kalau Marketplace yang barusan kusebutkan tadi itu lebih fokus pada kategori produk tertentu seperti Zalora dan Matahari Mall lebih fokus pada produk Fashion, dan lain sebagainya.


Dan aku akan buat kelebihan unik yang berbeda dari masing-masing Marketplace Terbaik ini :

  • Tokopedia : PROGRAM AFFILIATE dengan fee yang tinggi
  • Shopee : FAST RESPON chat penjual
  • Lazada : GRATIS ONGKIR banyak Voucher
  • Bukalapak : CALL CENTER BukaBantuan untuk membantu customer
  • Blibli : OTENTIKASI / VERIFIKASI AKUN / KEAMANAN AKUN lebih tinggi

Itulah keunggulan tiap Marketplace Terbaik di Indonesia yang berbeda satu sama lain. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, hanya saja tidak bisa bersatu dan saling melengkapi wkwkw malahan bertengkar nanti wkwkw. Mending hidup berdampingan (la iya emang:').

Tapi, dari segi kelebihan maupun kekurangan tiap Marketplace, tidak dipungkiri bahwa Marketplace ini HEBAT bisa bertahan dan berkembang sampai zaman sekarang ini, Mantap keyen!

-----------------------------------------

Panjang ya? Iya, emang. Tapi, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua ya, karena menurutku isi artikel ini 90% nya daging semua, Insya Allah, Aamiin :')

Terima kasih telah membaca artikel ini ^v^

Mohon maaf jika ada salah kata atau salah informasi di sini, bisa komen kalau artikel ini ada kekurangannya @v@

Sekian dari saya, Wassalaamu'alaikum..

Previous Post
Next Post

0 komentar: