Apr 19, 2022

Cara membuat Tabel mudah cepat nan indah Excel! Tanpa perlu ribet!


Assalaamu'alaikum...

Halo Guys, apa kabar? Sudah hampir seminggu belum nulis nih :D

Okeyy, saya nulis yaa...

Kali ini terkait Excel yaa...

Yaitu membuat tabel dengan indah ... Eits tapi cara buat tabel dari berbagai orang berbeda-beda lho yaa...

Ini nih cara yang simple biar ngga ribet :)

1. Isilah datanya dahulu di cell yang diinginkan. Bisa dilihat di gambar bawah ini ya, langsung diisi data tidak buat tabelnya dulu. Kalau di Microsoft Word kan buat tabel dulu karena kita tidak bisa isi data di tabel apalagi tabelnya pun belum ada dan belum terbentuk. Beda dengan Excel, dia sudah ada Cell"nya sendiri sehingga untuk buat tabelnya pun tinggal mengikuti isi datanya berapa, kalau buat tabelnya dulu ntar susah kalau ada data tambahan di kemudian hari (Soalnya cara ini kalau ada tambahan data di kemudian hari, tinggal Enter aja terus Tabelnya sudah terbentuk sendiri:)


2. Bloklah cell Excel yang berisi data yang mau dibuat jadi tabel indah, lalu di Tab Home > Klik Format as Table, nah disitu kamu bisa pilih desain table (dengan klik desainnya) yang menarik dan tidak lelah dipandang mata yaa :3, bisa kamu coba" dengan klik desain tablenya :)


3. Nah setelah itu, kamu akan diarahkan ke penentuan cell Excelnya, karena sudah kita blok jadi kita tidak perlu mengotak-atik lagi yaa, tapi yang harus diperhatikan di sini ialah di bagian Header. Jika di cell Excel yg kita blok tadi sudah kita masukkan Headernya maka bisa checklist dengan klik Checkbox yg bertuliskan My table has headers, kalau belum ada data buat Headernya tinggal jangan dichecklist checkbox tsb. nanti akan muncul Header dari sistem Excel dan kamu harus mengganti nama Headernya sendiri. Terserah mau yang mana, sesuai kemudahan bagimu saja, tapi ini bukan lagu Mudah Saja buatan Sheila on Seven :)


4. Nah dah jadi... Jeng Jeng Jeng... untuk pemilihan warna bisa langsung diklik yaa, nanti langsung berubah kok warna tablenya...


Untuk mengubah ukuran table bisa diklik dulu tablenya tadi > klik Tab Design > klik Resize Table di samping kiri (Di bawah Tab File). Untuk mengubah ukuran Table, huruf $ yang ada di sana jangan dihapus yaa jadi kamu tinggal ubah huruf dan angka aja (kamu perkirakan sendiri mau diubah ukuran Tablenya jadi berapa).

Semisal saya, tadi kan saya blok cell Excelnya per Range ya, dari Range B sampai D, nah otomatis kurang rapi kan karena tampilannya kurang menyenangkan, jadi saya berencana mau Resize Table menjadi ukuran yang memuat pas dengan isi data tadi, yaitu bisa pilih Cell Excel nya dengan mengklik kotak kecil yang ada tanda panah merah tebal. jadi tidak perlu mengubah dengan ketikan lagi :)


Nah untuk hasilnya bisa dilihat seperti ini :D


Nah untuk pengaturan lebih lanjut, kamu bisa melihat di bagian tepat di bawah Tab Design (tapi diklik dulu cell yang di dalam Table tadi), di situ ada 7 Checkbox dan hanya beberapa yang dichecklist, mari kita lihat lanjut :)


  • Header Row, untuk Header di baris paling atas, kalau checklistnya ilang maka Headernya ilang, ini bisa kamu pakai kalau tidak mau dan tidak suka pakai Header :)
  • Total Row, untuk menghitung total baris setelah Header, ini terletak di kolom paling kanan, kecuali kalau kamu sudah meResize Tablenya maka tata letak Total Row tiada perubahan. Biasanya ini untuk Administrasi atau Kasir sih wkwkw, tapi saya yakin ini jarang dipakai karena akan kesulitan untuk pekerjaan selanjutnya, dan biasanya enak disetting manual (untuk sistem Total Rownya)
  • Banded Rows, untuk membuat table bagian baris berwarna selang-seling. Seperti yang kamu lihat tadi, Table saya ada warna biru muda dan putih berselang seling di tiap barisnya, nah itulah fungsi Banded Rows :)
  • First Column, untuk membuat kolom awal (di bagian paling kiri) menjadi tebal jika dichecklist.
  • Last Column, kebalikan dari First Column, yaitu kolom paling akhir (di bagian paling kanan) yang hurufnya menjadi tebal.
  • Banded Columns, kebalikan dari Banded Rows, yaitu kolomnya yang berwarna berselang-seling. Tapi pilih salah satu ya, mau pakai Banded Rows atau Banded Columns, supaya tidak pusing ketika lihat Tablenya :v
  • Filter Button, ini untuk di bagian Header, untuk menyaring pencarian kamu lebih mendetail + bisa membuat urutan sesuai huruf dari A-Z maupun sebaliknya.

Sengaja sih nggak saya kasih gambar karena supaya kamu coba sendiri wkwkwkw...

Okeyy itu aja artikel dari saya, Terima kasih yaa telah membaca artikel penuh dengan karya tulis saya beserta bantuan dari Excel dan aplikasi lainnya :v

Semoga bermanfaat buat kamu semuanyaa...

Sekian dari saya yaa, Wassalaamu'alaikum...:)

Previous Post
Next Post

0 komentar: