Nov 27, 2018

Tanda Legato | Notasi Musik



Assalaamu'alaikum

Apa kabar kawan ? Baik :)

Ok, saya akan menjelaskan tentang tanda notasi musik yang sangat sulit saya mengerti tapi Alhamdulillah sekarang saya sudah paham :)


Saya berterima kasih kepada guru seni musik saya karena telah memberi soal membuat notasi musik yang terdapat tanda notasi musik yang belum pernah diajarkan kepada siswa-siswanya sampai saya kepo dan mencari tahu asal-usul beluknya, dan sekarang sudah tersimpan di dalam otak :)

Langsung saja ...

Tanda Legato adalah tanda yang digunakan untuk memainkan atau menyanyikan dua atau beberapa nada secara bersambung tanpa terputus-putus.
Tanda ini berbentuk garis lengkung.

Contoh :


Notasi angka yang tidak menggunakan tanda Legato
Notasi balok yang tidak menggunakan tanda Legato


---------------------------



Notasi angka yang menggunakan tanda Legato

Notasi balok yang menggunakan tanda Legato

Yang satu tidak menggunakan tanda Legato, dan yang satu lagi menggunakan tanda Legato

Ok, cara memainkan/menyanyikannya adalah, lihatlah notasi angka dan balok di atas :

Untuk yang gambar pertama, ada 4 nada yang dimainkan, yaitu nada ke 7, lalu 7 lagi, 5, dan 6.
Sedangkan yang gambar kedua, ada 3 nada yang dimainkan, yaitu nada ke 7, 5, dan 6.

Artinya, nada ke-7 yang bernilai 1 ketuk diberi tanda Legato akan tersambung dengan nada ke-7 yang bernilai 2 ketuk.
Jadi, nada ke-7 yang bernilai 1 ketuk tidak perlu dimainkan lagi, cukup disambungkan dengan nada ke-7 yang bernilai 2 ketuk tadi.
Yang berarti bahwa nada ke-7 atau nada si dimainkan sebanyak 2 1/2 ketuk.

Mungkin supaya lebih jelasnya, saya beri bantuan berupa suara nadanya :


Nada yang tidak menggunakan tanda Legato


Nada yang menggunakan tanda Legato




Jika ingin tahu contoh soal dan jawabannya, silahkan klik disini :)


Mungkin itu saja ... Jika masih bingung, silahkan kirim komentar di bawah yaa :)

Terima kasih telah membaca artikel saya ini
Maaf jika ada kesalahan kata :)

Sampai jumpa :) ...

Wassalaamu'alaikum

Previous Post
Next Post

0 komentar: